Thursday, October 2, 2014

Mesin pompa air untuk sumur gali

Kali ini saya akan menceritakan tentang kisah suka duka menggunakan mesin pompa yang biasadan banyak digunakan oleh rumah tangga, namun saat ini saya akan membahas kisah dukanya yang membuat saya harus menunggu lama air tersedot oleh pompa air setelah setahun saya menggunakannya.

Pompa itu untuk memompa air dari sumur gali ke fiber glass bawah yang terletak di lantai satu dan memompa dari fiber glass bawah ke fiber glass yang berada diatas di tempat jemuran, kurang lebih telah digunakan sekitar 1 tahun. Dengan pompa tersebut saya atau isteri tidak susah untuk mengisi air di bak kamar mandi  karena tinggal buka kran air mengucur lancar dan deras  dari penampungan fiber glass atas

Mesin pompa panasonic

Dengan menyambung pipa-pipa dan beberapa stop kran tepatnya 4 buah dimana 2 buah stop kran pipa menghubung dari sumur ke fiber glass bawah dan 2 buah stop kran lagi menghubung  dari fiber glass bawah ke fiber glass atas. Awal pembuatan itu adalah bapak saya yang kebetulan memang hobi dan memang bidangnya di air tepatnya dikenal ahli pengairan oleh orang-orang.di daerahku serta kebetulan sempat kerja di PU bagian pengairan.

Dengan ilmu dan pengalamannya lah bapak merancang semua itu sehingga dengan pompa air listrik, pipa-pipa dan fiber glass, saya yang tinggal di rumah ini bisa menikmati air untuk seluruh aktifitas tidak susah lagi.Namun yang terjadi setelah setahun mulai menunjukkan gejala bermasalah awalnya susah untuk memompa dari fiber glass bawah ke fiber glass atas lalu dilanjutkan tidak kuatnya mesin pompa air untuk menyedot air yang berada di sumur gali, sudah setengah jalan di pompa air tak kunjug dari mengalir ke mesin mengakibatkan panasnya mesin pompa air dan kadang kala sampai berbunyi saking panasnya.

Jarak antara sumur gali dan mesin pompa sekitar 2 meter dan jarak permukaan air hingga bibir sumur sekitar 30 cm ketika musim hujan, bila tidak bisa menyedit karena musim kemarau dengan muka air turun sih masih dianggap wajar namun saat itu adalah musim penghujan.

sumur galiIngin sekali mengganti mesin pompa air dengan yang lebih besar daya hisap dan dorongnya namun pastinya harganya mahal juga, kebetulan aku juga belum cukup untuk membeli yang  baru sesuai keinginanku yang lebih baik dan bagus speknya dari yang lama. Belum lagi ada ketakutan akan terjadi hal yang sama tidak tahan lama dan tidak lama aku menggunakan mesin pompa yang model yang sama walapun lebih baik dan bagus.

Setelah tanya sana sini dengan orang-orang dan berselancar di dunia maya, akhirnya kuputuskan untuk menggunakan mesin pompa yang di tempatkan di dalam sumur, aku pun bercerita keluh kesah ku pada bapak sebagai bahan referensi yang bagaimana pun bapakku lebih tahu akan air. Perdebatan pun mulai karena menurut bapak ku sesuai dengan ilmu dan pengalamannya pompa yang banyak orang gunakan seharusnya sudah bisa menyedot air di sumur ke fiber tanpa masalah dikatakan mungkin aku tidak sabar dan tidak benar dalam menggunakan mesin pompa airnya, namun ku bersikukuh bahwa yang terjadi di kenyataannya sangat susah dan lama untuk menyedot air mengakibatkan pulsa listrik cepat habis dan air pun tidak ada yang mengalir.

Kotak mesin pompa celup

Akhirnya setelah perdebatan panjang bapak ku ternyata membeli mesin pompa celup buatan cina bukan yang merk terkenal dan ternama. Namun itu pun sebenarnya dibeli oleh bapakku untuk menyedot air ketika banjir di rumah bapak karena tiap musim penghujan tiba rumah orang tua sering kebanjiran maka beli mesin pompa celup.

Yang sebelumnya pernah meminjam mesin pompa celup punya pamanku untuk menyedot air yang masuk rumah, namun tidak jadi dipakai karena air telah surut. Aku pun disuruh coba untuk menggunakan mesin pompa air celup di rumah ku untuk menyedot air dari sumur gali ke fiber glass.

Aku pun membawanya dan coba menggunakannya di rumah ku, setelah dipasang ternyata……sruuuup air tersedot dengan mudahnya dan tak membutuhkan waktu yang lama sekitar 20 menit fiber glass terisi penuh.

mesin pompa celup

Akhirnya aku menggunakan mesin pompa celup untuk menyedot sumur gali menggantikan mesin pompa air biasa. Yang bila musim kemarau sumur hanya berisi 1 gorong-gorong saja jika hari biasa 2 gorong-gorong sedangkan bila musim hujan sampai 3 buah gorong-gorong, kira-kira dalam sumur galinya sekitar 5 meter.

No comments:

Post a Comment