Thursday, October 16, 2014

Bunga kertas (bougenville) berbunga lagi

tanamanAkhirnya setelah 6 bulan perjuanganku membuahkan berhasil juga, dimana bunga kertas atau bougenville yang kubawa dari orang tua ku yang jarang sekali bahkan sudh setahun tidak berbunga sekarang mulai berbunga.

Gambar disamping kuambil sekitar bulan agustus terlihat sangat jauh karena dulu aku meragukan tanaman ini akan berbunga lagi, jadi aku menyimpan di halaman depan teras rumah hanya sebagai penambah hiasan saja. Tapi tetap aku berusaha agar menumbuhkan bunganya tetap saja tak kunjung berbunga dari menyiramnya 2 hari sekali, memberikan kompos lalu memotong beberapa dahannya  berpikir akan tumbuh bunganya tetap saja tak kunjung berbunga.

GrowmoreAku pun menggunakan Growmore sebuah pupuk buatan untuk daun dimana aku menggunakannya 1x seminggu karena aku berusaha untuk menghindari menggunakan pupuk buatan berusaha untuk menggunakan pupuk alami, cuma 8 kali atau 2 bulan saja aku menggunakannya. Pikir ku karena cukuplah 8 kali pemakaian sesuai dosis daun kembali tumbuh segar dan akhirnya bunga pun bermekaran, ternyata agak sedikit jauh dari perkiraan, pertumbuhannya batang semakin besar dan tumbuh cabang-cabang baru yang semakin besar tanaman bougenville ini.

Namun daun cepat sekali berguguran hingga membuat banyak sampah sebelum bunga bermunculan, hampir putus asa dan kebosanan pun melanda karena sepertinya bukan daun yang hijau dan bunga yang indah yang ada namun sampah dari daun yang berguguran lah hiasi tanaman tersebut.

Hingga akhirnya kubiarkan saja apa adanya dengan mengurangi pemakaian Growmore hanya sebulan sekali hingga 2 minggu yang lalu sekitar 27 September 2014 aku menemukan di dunia maya yang namanya ZPT (zat perangsang tanaman), tapi kebanyakan hanya sebagai peransang saja tidak ada yang lainnya, hingga aku menemukan sebuah pupuk plus ZPT terkandung didalamnya.

D.I GrowAku pun kembali mencari lebih tahu dan banyak tentang produk-produk pupuk plus ZPT, hingga dimana aku memutuskan menggunakan D.I Grow. D.I Grrow ini berbentuk cairan yang terbuat dari rumput laut Acadian Seawed,karena terbuat dari ekstrak rumput laut inilah alasan utama aku memilihnya.

Aku mencoba membelinya yang botol kecil saja di toko pertanian di kota ku yang isinya 250 ml pada label kemasannya, seharga Rp 60.000

Setelah membeli aku kembali ke rumah orang tua ku untuk searching dan browsing tentang penggunaannya walau pun di kemasan botolnya sudah tertera dosis penggunaannya, hanya sekedar memastikan saja.

Esok harinya aku menggunakannya untuk diaplikasikan pada tanaman bougenvile atau kertas tersebut yang sebelumnyan sudah ku kasih Growmore terlebih dahulu. Daannnnnn…..syukur alhamdulillah  mulai 2 hari yang lalu sudah mulai bermunculan bunga, tidak hanya itu saja tunas-tunas baru semakin banyak, daun pun warnanya lebih baik dan cerah 

Setelah pemberian Growmore dan D.I Grow foto saat sempat pada malam hariMaaf nih saat di foto pada malam hari karena pagi hari gak sempat mulu…kebanyaan lupa sih bukan karena sibuk (hehehehe)

No comments:

Post a Comment