Tuesday, October 21, 2014

Lucunya…..belajar menanam cabe

Aku yang tak pernah menanam cabe dan tidak memperhatikan orang tuaku dulu saat mereka menanam cabe di pekarangan rumah…..hampir dibuat putus asa dalam menanam cabe.

Aku menanamnya dari biji yang kudapat saat isteri atau mama ku atau orang yang kukenal sedang memotong cabe kuambil bijinya dari pada sayang dibuang. Biji tersebut kutanam dalam pot agar mudah perawatan dan mudah untuk dipindah-pindahkan.

Setelah beberapa lama sekitar 3 bulan kok gak tumbuh biji cabenya menjadi tanaman malah tumbuh rumput di pot plastik. Ku katakan pada isteri kok malah tumbuh rumpu sih padahal kan ditanam biji cabe seharusnya biasanya muncul kecambah lalu daun barulah tampak jelas batang dan daunnya.

Aku pun penasaran kulihatlah di internet bagaimana pertumbuhan cabe dari biji hingga berbuah cabe lagi, ternyata oh…ternyata pertumbuhan cabai ketika daun muncul adalah seperti rumput. Jadi selama ini yang kucabut adalah anak nya, kalo saja ku tahu pastilah gak kucabut tapi biarlah itu menjadi pelajaran ku dalam belajar bertanam ria.

Ooo..inilah rupa tanaman cabe masih kecil (anak)Tanaman cabe sudah menghasilkan cabe tinggal petik

Sempat tertawa kecil aku dibuatnya begitu bodohnya diri bahwa yang dicabut itu anak pohon cabe bukan rumput liar (hehehehehe). Semoga lain kali aku lebih banyak menimba ilmu kepada yang berpengalaman dan ahlinya dalam bercocok tanam

No comments:

Post a Comment